Desaku

Desa Neglasari Tunaikan Pembayaran Dana Insentif

Wartawan Nanang Setiana

Pemerintah Desa Neglasari, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi sukses memenuhi kewajiban dalam membayarkan dana insentif untuk kelembagaan desa. Besaran dana untuk insentif  kelembagaan desa itu mencapai Rp59 juta yang diambil dari APBDes Neglasari tahun 2020.

“Kami telah memberikan dana insentif untuk tahun anggaran 2020. Alhamdulillah proses pencairan dana tersebut berjalan lancar tanpa hambatan karena sebelumnya telah direncakan dengan baik dan dicantumkan pada APBDes,” kata Kepala Desa Neglasari, Ukat kepada wartawan, Sabtu (25/4/2020) pagi.

Baca Juga :  Manfaatkan Rezeki Nomplok dari PT Star, Pemdes Kalapanunggal Rehab Kantor Desa

Dana insentif, ujar Ukat, diserahkan kepada para pengabdi masyarakat yang selama ini bekerja untuk kepentingan umum tanpa mendapatkan gaji atau honor. Para penerima dana insentif  itu antara lain ketua RT, ketua RW, kader posyandu, guru PAUD, dan guru ngaji.

Keseluhan APBDes Neglasari tahun anggaran 2020 mencapai Rp1.771.765.460 yang bersumber dari dana transfer dan PADes berdasarkan Perdes Neglasari Nomor 2 Tahun 2020 tentang Perubahan Perdes Neglasari Nomor 1 Tahun 2020 tentang Perubahan APBDes Tahun Anggaran 2020 yang telah disahkan oleh BPD Neglasari.

Baca Juga :  Pemuda Seuseupan Mengubah Plastik Menjadi BBM

Pada bagian lain Kades Ukat menjelaskan, dana transfer bersumber dari Dana Desa (DD) dari APBN, Alokasi Dana Desa (ADD) dari APBD Kabupaten Sukabumi, dan DBH (Dana Bagi Hasil) dari APBD Kabupaten Sukabumi. 

Dari APBDes tersebut, Pemdes Neglasari telah merealisasikan anggaran sebesar Rp615 juta. Pada transfer tahap pertama sebesar Rp367 juta dianggarkan untuk BLT (Bantuan Langsung Tunai) dalam rangka membantu warga terdampak Covid-19. Perhitungan dana untuk BLT itu 30 persen dari DD yang diterima Desa Neglasari yakni sekitar Rp1,22 miliar.

Baca Juga :  Berkah Jides, Poktan Bunisari Bisa Panen Tiga Kali Setahun

“Penyaluran dana BLT masih menunggu peraturan bupati sebagai payung hukumnya,” kata Ukat. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button