EkonomiInspirasi

10 Ide Peluang Usaha dengan modal di bawah 500 Ribu

Opini RakyatPeluang usaha pada dasarnya tersedia dalam banyak ragam pilihan dan modal yang berbeda-beda, tergantung dari usaha dan minat yang akan kita jalankan.

Banyak orang yang berpendapat bahwa membuka sebuah usaha harus terlebih dulu memiliki uang yang banyak, padahal tidak seperti itu, ada banyak peluang usaha yang dapat di jalankan dengan modal di bawah 500 Ribu Rupiah.

Berikut daftar peluang usaha di bawah 500 ribu rupiah menurut Opinirakyat.com :

1. Jual Pulsa Elektrik / Kuota / Token Listrik

Saat ini siapa sih yang gak mempunyai handphone, sekarang hampir setiap orang mempunyai handphone untuk alat berkomunikasi. Dan pastinya mereka memerlukan pulsa/kuota sebagai media penghubung untuk berkomunikasi.

Dan hampir kebanyakan juga sekarang tiap rumah memakai listrik prabayar dengan menggunakan token.

Nah ini adalah peluang anda untuk menjalankan usaha dengan membuka konter penjualan pulsa, tidak perlu memerlukan modal yang besar, hanya dengan 500 ribu kamu bisa menjalankan bisnis ini.
kamu cuma perlu bikin spanduk atau bisa juga pakai kertas di depan rumah dengan menuliskan “Jual Pulsa Elektrik & Token Listrik”.

2. Berjualan Aneka Gorengan

Usaha selanjutnya yaitu berjualan aneka gorengan. Gorengan ialah cemilan sejuta umat, untuk masyarakat di Indonesia hampir kebanyakan orang suka dengan gorengan.

untuk modalnya juga tidak terlalu besar, kamu hanya perlu mempersiapkan alatnya yaitu alat penggorengan, kompor, dan gas. Dan untuk bahan utamanya yaitu terigu, bumbu, dan minyak goreng, untuk bahan yang lain itu tergantung gorengan apa yang akan kamu jual.

Untuk pemasarannya juga cukup mudah, contohnya anda bisa berjualan di depan rumah atau di area yang ramai. Apalagi di bulan ramadhan pasti banyak sekali orang yang memilih gorengan sebagai salah satu menu untuk berbuka puasa.

3. Jualan Minuman Dingin

Berjualan minuman dingin juga merupakan usaha yang cukup mudah dan murah, dengan modal 500 ribu bahkan kurang dari itu anda bisa memulai usaha ini. Untuk peralatan cukup sederhana anda hanya harus punya blender dan selebihnya kamu cukup menyetok bahan-bahan untuk membuat minuman.

Baca Juga :  Warkopedia, Terobosan Baru Bisnis Generasi Milenial

Minuman dingin ini bisa bermacam-macam, contohnya : produk-produk seperti pop ice, nutrisari, jasjus, atau bisa juga kopi. atau bisa juga es kelapa muda, es campur, es cincau.dll.

Untuk pilihan tempat penjualan kamu bisa berjualan di depan rumah, dekat sekolah, atau tempat yang sekiranya ramai.

4. Buka Warung Kopi (Warkop)

Hampir setiap orang suka minum kopi. Warkop kecil tidak mebutuhkan modal yang besar dengan modal 500 ribu atau bahkan lebih kecil anda sudah bisa menjalankan usaha ini.

Anda bisa berjualan di depan rumah dengan konsep lesehan atau warung duduk. Selain menjual kopi anda juga bisa menjual aneka snack atau juga bisa di padukan dengan berjual gorengan. Pasti deh warkop kamu bakal di serbu oleh tetangga dan kenalan sbelum mereka pergi bekerja.

Ada beberapa kebutuhan untuk menjalankan usaha ini, di antaranya kompor, termos, spanduk yang bertuliskan nama warkop kita dan tentunya aneka macam kopi yang kan kita jual.

5. Terima Pesanan Aneka Kue atau Snack

Berbeda dengan penjualan-penjualan sebelumnya, kali ini usaha terima pesanan aneka kue terlihat sangat menarik dan menantang. Dalam peluang usaha dengan modal 500 ribu rupiah ini, kamu bisa memanfaatkan dengan membuka jasa pesanan aneka kue. Usaha ini cocok untuk menembus event-event kecil seperti arisan, pengajian, dll

Usaha ini cocok untuk anda yang mempunyai skill tata boga, ini merupakan media kecil tapi bisa mendatangkan laba yang besar. Terima pesanan Aneka kue atau snack, tidak memerlukan modal setiap hari. Karena anda cukup bekerja pada saat mendapatkan orderan saja, dan pada saat itulah modalnya dibutuhkan.

6. Menjadi Dropshiper

Nah untuk usaha selanjutnya anda bisa menjadi seorang dropshiper. Apasih dropshiper ? Apabedanya dengan Reseller ?

Pada dasarnya dropshiper dengan reseller sama–sama menjual barang milik orang lain, bedanya kalo reseller biasanya kita menyiapkan stok barang sendiri dan mengirimkannya juga sendiri. Nah kalo untuk dropshiper kita tidak perlu menyetok sendiri, tetapi kita menjual atas nama kita dan untuk pengiriman barang itu akan dikirimkan oleh yang punya barang, tetapi dalam pengiriman itu atas nama kita.

Baca Juga :  Konfeksi Cijayeng Makin Berkembang karena Taat Komitmen

Untuk barang-barang dropshiper tidak terbatas, kita bisa mendropship barang apa aja, dari harga yang murah sampai harga yang mahal juga bisa.

Untuk modal 500 ribu kebawah anda bisa mencoba dropship barang seperti aksesoris handphone, pakaian, atau juga barang kebutuhan sehari-hari lainnya.

7. Jasa Edit dan Cetak Foto

Untuk usaha dengan modal di bawah 500 ribu lainnya yaitu buka jasa edit dan cetak foto. Jika anda punya laptop/komputer dan juga punya printer, anda bisa mencoba buka usaha jasa edit dan cetak foto.

Anda hanya perlu belajar aplikasi photoshop atau aplikasi yang lain yang berhubungan dengan edit foto, dan anda bisa menawar jasa edit foto sperti mencetak pas foto formal, album collase foto, atau juga foto dan juga frame foto.

Untuk kebutuhannya dalam usaha ini, anda hanya perlu membeli kertas foto biasanya harganya 20 – 40 ribu per 20 lembar tergantung kwalitas dari kertas fotonya.

Untuk iklan anda bisa memasang spanduk di depan rumah atau juga iklan secara online di sosial media anda seperti facebook atau instagram, Untuk memulainya anda bisa menawarkan kepada rekan atau keluarga terdekat dulu.

8. Jasa Edit Video

Nah untuk peluang usaha dengan modal di bawah 500 ribu, anda bisa mencoba menjual jasa edit video.

Pada zaman sekarang orang-orang berlomba-lomba membuat konten video untuk menjadi seorang youtuber. Nah ini bisa jadi kesempatan anda untuk menjual jasa editing video.

Untuk bisa membuat konten video anda bisa mulai belajar menggunakan aplikasi editing video contohnya seperti Adobe Premiere, After Effect, Vegas Pro, Corel Video Editor, dll.

untuk kebutuhannya sederhana, jika anda sudah mempunyai komputer/Laptop anda hanya perlu belajar untuk video editingnya.

Agar mempermudah anda dalam mengedit video, anda bisa menggunakan template yang bida anda download secara gratis di internet. Anda bisa mengunjungi situs www.predevo.com disitu anda bisa mendownload berbagai template editing video, stock video, audio dan juga sound effect secara gratis.

9. Menulis Blog

Selanjutnya untuk usaha modal di bawah 500 ribu yaitu anda bisa menulis blog di internet. Jika anda mempunyai minat untuk menulis anda bisa mencoba peluang usaha ini.

Baca Juga :  Naik Terus, Harga Telur Ayam Ras Sudah Menyentuh Rp27 Ribu

Untuk usaha ini sebenernya tidak perlu modal yang gede anda hanya memerlukan komputer dan koneksi internet saja.

Anda hanya perlu membuat artikel atau tulisan yang menarik dan informatif untuk para pembaca, dan jika traffic pengunjung dari blog anda tinggi, anda bisa pasang iklan di blog anda. Untuk mendapatkan iklan anda bisa mencoba daftar di penyedia iklan seperti google adsense, popads, propeller ads, dll.

Sebagai bahan percobaan dan juga bahan belajar, anda bisa menggunakan blogger.com sebagai situs blog anda secara gratis. dan jika memang traffic terhadapa artikel yang anda tulis tinggi, anda bisa mendaftarkan domain dan hosting berbayar.

10. Jasa Download / Isi File Aplikasi atau Game

Jika kamu koneksi internet di rumah seperti indihome, biznet ataupun yang lainnya, anda bisa coba membuka usaha jasa download file ini.

Pada saat ini aplikasi-aplikasi dan juga game pc atau handphone ukuran filenya semakin besar-besar. Untuk orang-yang tidak mempunyai koneksi internet secara unlimited untuk mendapatkan aplikasi atau dengan ukuran yang besar maka mereka lebih baik membeli file daripada mendownload sendiri karena membutuhkan waktu yang lama.

anda bisa tawarkan jasa download aplikasi atau game untuk ukuran yang besar, dengan harga ber variatif, mulai dari 1 atau 2 ribu per GB atau secara paketan. Dan file hasil download jangan anda hapus, karena bisa jadi ad lagi orang yang mebutuhkan file tersebut, jadi anda tidak perlu mendownload ulang, tapi langsung kirimkan tetapi denga hargayang sama seperti yang pertama kali download.

Untuk usaha ini kamu membutuhkan Hardisk yang berkapasitas besar untuk menampung file yang banyak.

Itu dia 10 peluang usaha yang dapat anda jalankan, sebenarnya masih banyak peluang usaha lain yang bisa anda coba tergantung dari minat, skill dan kondisi masing-masing. Mudah-mudahan artikel ini bisa membantu anda dalam menentukan ide peluang usaha yang sedang anda cari. Selamat mencoba 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button