Kab. SukabumiSosialTrending

Para Demonstran Buruh Dengan Pihak SPSI PT GSI 2 Cimangkok Sukabumi Memanas? Ini Penjelasannya

OPINIRAKYAT.COM – Pengesahan Omnibus Law RUU Cipta Kerja oleh DPR dan pemerintah menuai protes dari para kaum buruh di Indonesia. Tak terkecuali bagi para buruh di PT GSI 2 Cimangkok Kecamatan Sukalarang Kabupaten Sukabumi. Mereka melakukan aksi unjuk rasa di sekitaran wilayah pabrik Selasa, (06/10/2020) dimulai pukul 08.00 WIB.

Para demonstran menyuarakan tolak omnibus law RUU ciptakerja yang dirasa merugikan para kaum buruh.

Namun ada suasana lain di salah satu gerakan demo buruh PT GSI 2 Cimangkok Sukabumi tersebut, dimana aksi penolakan tersebut di warnai dengan suasana yang memanas antara para karyawan dengan pihak SPSI (Serikat Pekerja Seluruh Indonesia).

Baca Juga :  Buat Konten Video Hina Polisi Saat Demo, Pemuda Asal Sukabumi Ini Di Tangkap

Menurut informasi yang dikumpulkan di lokasi, ternyata hal itu di sebabkan karena ada miskomunikasi dan kesalah pahaman antara para karyawan dengan pihak SPSI.

“kami merasa kesal dan jengkel, kenapa pagi tadi kami belum menerima informasi dan kejelasan untuk aksi yang akan di gelar pada hari ini dari pihak SPSI, sehingga dengan inisiatif kekompakan kami, kami pun langsung membubarkan diri keluar gedung untuk menggelar aksi demo pada hari ini tanpa himbauan dan tanpa ada bimbingan dari pihak SPSI”. Ucap salah satu karyawan yang enggan di sebutkan namanya yang ikut dalam demonstrasi ini.

Baca Juga :  Baru Mulai Kemarau, Cibadak Dilanda Hujan Besar

“Maka Sebelum kami turun ke jalan untuk menggelar aksi penolakan terhadap RUU kami lebih dulu berdemo ke depan gedung SPSI tak lain hanya untuk mempertanyakan keputusan mereka pada hari ini mengenai aksi 678 yang sudah begitu ramai di agendakan dari hari-hari sebelum nya”, Lanjutnya.

Namun pihak SPSI sempat menjelaskan kepada pada demonstran bahwa pihaknya telah melakukan sosialisasi dari gedung ke gedung, namun belum semua gedung tersampaikan, sebagian karyawan sudah terlanjur keburu keluar berhamburan.

“kemarin kami sudah melakukan sosialisasi dan tadi juga dari gedung ke gedung kami sedang melakukan sosialisasi untuk memberitahukan bahwa aksi demo hari ini telah di batalkan sesuai dari surat yang kami Terima dari Pusat. Namun karna keterbatasan kami, sebelum sosialisasi kami tersampaikan ke semua gedung hanya baru ke beberapa gedung saja, sebagian karyawan terlanjur keburu keluar berhamburan hingga terjadinya kesalahpahaman seperti ini yang sama sekali tidak kami harapkan”. Tegas salah seorang dari kepengurusan SPSI kepada para buruh yang melakukan demo.

Baca Juga :  Bupati Ajak Perguruan Tinggi Persiapkan Generasi Berdaya Saing Tinggi

Sempat terjadi kericuhan saat pihak SPSI berbicara terhadap para karyawan, Namun pihak kepolisian segera melerai mengamankannya agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Reporter:U.Superdi
Editor:Fitrah Ramdan
Email Redaksi:redaksi@opinirakyat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button