Tekno

Olimpiade Matematika 2020: Indonesia Raih 2 Emas tapi Merosot

OPINIRAKYAT.COM – Tim siswa Indonesia meraih 2 medali emas, 2 perunggu, dan 2 honorable mention dalam Olimpiade Matematika Internasional 2020 yang digelar dalam jaringan dari Rusia, 19-28 September 2020. Secara keseluruhan Indonesia hanya menempati peringkat 32 di olimpiade matematika internasional ke-61 tersebut , atau merosot dari 14 saat di Inggris pada tahun lalu.

Dua siswa peraih emas pada tahun ini adalah Stanve Avrilium Widjaja asal IPEKA BSD dan Aaron Alvarado Kristanto dari SMAK Petra 1 Surabaya. Bagi Aaron, medali emas tahun ini lebih baik daripada tahun lalu di Inggris, saat dia merebut medali perak.

Baca Juga :  AMD Ryzen 5000 Series Meluncur, Diklaim CPU Gaming Terkencang di Dunia

Sedang Stanve menambah prestasinya dengan mencatatkan nilai sempurna di Olimpiade Internasional Tuymaada bidang Matematika ke-27 yang diselenggarakan Rusia menyambung Olimpiade Matematika Internasional, 30 September-6 Oktober. 

Adapun dua medali perunggu di Olmpiade Matematika Internasional atas nama Billie Hartanto dan Farrel Dwireswara Salim. Sedang penghargaan Honorable Mention untuk Timothy Timothy dan Jonathan Christian Nitisastro.

Berdasarkan situs web resmi Olimpiade Matematika Internasional, jumlah peserta tahun ini sebanyak 616 siswa dari 105 negara. Mereka bersaing dalam kompetisi mengerjakan sebanyak 6 soal (tiap soal memiliki nilai maksimal 7) yang tahun ini dilakukan dalam jaringan (online) karena pandemi Covid-19.

Baca Juga :  Oxford Kembangkan Rapid Test Covid-19 Baru, 5 Menit Selesai

Untuk hasil total skor, Cina menempati peringkat pertama dengan enam pesertanya meraih nilai 215 dan merebut 5 emas serta 1 perak. Berada di peringkat dua adalah Rusia dengan 2 emas dan 4 perak. Tim tuan rumah mengungguli Amerika Serikat di peringkat tiga dengan perolehan 3 emas dan 3 perak karena skor totalnya 185 berbanding 183.

Berada di peringkat empat dan lima dunia pada tahun ini adalah Korea Selatan dan Thailand. Masing-masing mencatatkan skor total 175 dan 174 dengan perolehan medali yang sama, yakni 2 emas, 3 perak, dan 1 perunggu.

Sumber : Tempo.co
Editor : Fitrah Ramdan
Email Redaksi : redaksi@opinirakyat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button